Kanker Kelenjar Getah Bening : Kenali, Pahami dan Cegah

Kanker kelenjar getah bening merupakan penyakit yang menjadi penyebab meninggalnya salah satu artis komedi papan atas Indonesia Olga Syahputra. Tapi apa itu kanker kelenjar getah bening sebenarnya? Setelah posting terakhir mengenai cara menghilangkan jerawat, saat ini blog rakjat djelata akan membahas mengenai kanker kelenjar getah bening. Yuk mari kita kenali supaya lebih paham dan bisa mencegah untuk menjaga kesehatan kita..

Pengertian Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening adalah kanker yang berkaitan dengan sistem limfatik yang terjadi pada jaringan limfoid. Sistem limfatik merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang sangat penting yang bertugas membentuk sistem pertahanan tubuh alami untuk melawan infeksi dan kanker.

Itulah mengapa kanker kelenjar getah bening sangat berbahaya karena menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, limfatik sendiri berbentuk cairan putih menyerupai susu dengan kandungan protein lemak dan limfosit.

Kanker Kelenjar Getah Bening
image : asiancancer.com

Jenis Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

1. Hodgkin's Limfoma
Merupakan kanker kelenjar getah bening yang sel kanker-nya berasal dari bagian sel darah putih. Ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening dan limpa tanpa disertai rasa sakit.

2. Non-Hodgkin's Limfoma
Adalah kanker kelenjar getah bening yang bukan berasal dari bagian sel darah putih, namun berasal dari limfonodus dan jaringan limfa lainnya.

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

Sampai saat ini penyebab kanker kelenjar getah bening belum diketahui secara pasti, mengapa? Karena penyebabnya bisa sangat beragam, namun ada beberapa kemungkinan yang diduga menjadi penyebab kanker kelenjar getah bening diantaranya :

1. Faktor Keturunan
Ada dua pendapat yang menyatakan tentang kanker kelenjar getah bening dapat ditularkan dari faktor keturunan. Pendapat yang pertama menyatakan bahwa faktor keturunan memang bisa menjadi faktor utama yang memicu pertumbuhan sel kanker.

Sementara pendapat yang kedua menyatakan bahwa faktor keturunan bukanlah penyebab utama penularan kanker kelenjar getah bening ini melainkan karena kontak yang sering dengan penderita.

2. Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh dan Infeksi Virus
Sistem kekebalan tubuh yang memiliki kelainan atau sedang dalam kondisi lemah bisa menyebabkan seseorang mudah terinfeksi virus tertentu yang mengakibatkan pembengkakan pada kelenjar getah bening sebagai respon dari infeksi tersebut.

3. Toksin Lingkungan
Toksin atau racun yang diperoleh dari lingkungan, seperti pengawet makanan, pewarna kimia dapat memicu pertumbuhan kanker kelenjar getah bening ini. Padahal akhir-akhir ini, semakin banyak pedagang yang tidak bertanggung jawab dengan menjual dagangan yang telah dicampur zat-zat kimia berbahaya yang seharusnya tidak boleh dikonsumsi oleh manusia.

4. Gaya Hidup tidak Sehat (Alkohol dan Rokok)
Gaya hidup yang tidak memperhatikan pola hidup sehat dapat menjadi sumber pemicu pertumbuhan kanker kelenjar getah bening ini, sebut saja alkohol dan rokok yang menyumbang potensi paling tinggi. Bahkan bukan hanya kanker kelenjar getah bening saja, namun bisa menyebabkan penyakit lain seperti paru-paru dan jantung.

5. Kurang Olahraga
Olahraga teratur membantu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh manusia dan membantu melakukan detoksifikasi racun berbahaya didalam tubuh.

6. Tindakan Medis
Penyebab kanker kelenjar getah bening bisa juga akibat dari tindakan medis yang pernah atau sedang dilakukan oleh seseorang, seperti tindakan kemoterapi yang mengandung efek radiasi ternyata dapat memicu pertumbuhan kanker kelenjar getah bening juga.


Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening bisa diketahui ciri-cirinya yang terbagi dari jenis kanker dan sesuai lokasi bagian tubuh penderita. Mari kita bahas satu per satu.

Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening sesuai Jenis
1. Hodgkin's Limfoma
Ciri-ciri umumnya yaitu :
  • Pembengkakan kelenjar getah bening yang tidak terasa sakit pada bagian leher
  • Keletihan yang berlebihan
  • Demam tinggi dan perasaan menggigil
  • Berkeringat pada malam hari
  • Kehilangan selera makan
  • Gatal – gatal
  • Sensitive terhadap alkohol

2. Non-Hodgkin's Limfoma
Ciri-ciri umumnya adalah :
  • Kelenjar getah bening yang membesar
  • Pembengkakan pada bagian perut
  • Rasa sakit pada bagian dada
  • Batuk – batuk
  • Nafas terasa sesak
  • Demam
  • Turunnya berat badan
  • Anemia

Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening sesuai Lokasi Bagian Tubuh
Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening jenis Non-Hodgkin's Limfoma dapat dibagi berdasarkan pembengkakan pada bagian tubuh tertentu yaitu :

1. Kanker Kelenjar Getah Bening pada Perut
Bila kanker kelenjar getah bening menginfeksi pada bagian perut maka akan terjadi pembengkakan pada area perut dengan ciri :
a. Sakit pada bagian perut
b. Rasa tidak nyaman di perut
c. Muntah

2. Kanker Kelenjar Getah Bening pada Dada
Bila kanker kelenjar getah bening menginfeksi pada bagian dada maka akan terjadi pembengkakan di bagian rongga dada dengan ciri :
a. Sesak nafas
b. Pusing
c. Gejala penyumbatan vena

3. Kanker Kelenjar Getah Bening pada Kulit
Apabila kanker kelenjar getah bening menginfeksi pada bagian kulit maka akan terjadi pembengkakan pada bagian kulit dengan ciri :
a. Benjolan berwarna merah atau biru di kulit
b. Gatal-gatal

4. Kanker Kelenjar Getah Bening pada Otak
Dan bagian paling parah jika kanker kelenjar getah bening menginfeksi pada bagian otak, ciri-cirinya :
a. Sakit kepala
b. Bermasalah ketika berpikir
c. Lemah pada bagian tubuh tertentu
d. Perubahan kepribadian

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Persis seperti dengan ciri-ciri, gejala kanker kelenjar getah bening juga didasarkan dari jenisnya yaitu :
1. Hodgkin's Limfoma

  • Demam disertai menggigil
  • Terjadi pembesaran di bagian kelenjar getah bening (bawah ketiak, leher, dan pangkal paha)
  • Pembengkakan yang terjadi tidak disertai dengan rasa nyeri
  • Kurang nafsu makan
  • Berkeringat pada malam hari
  • Berat badan menurun
  • Terkadang disertai gangguan pernapasan

2. Non-Hodgkin's Limfoma

  • Bengkak di leher, ketiak atau selangkangan
  • Penurunan berat badan
  • Demam
  • Keringat bercucuran saat malam hari
  • Batuk-batuk
  • Susah bernafas, atau nyeri di dada
  • Badan tidak bertenaga, dan terasa letih
  • Nyeri, bengkak atau merasa begah di perut

Benarkah Kanker Kelenjar Getah Bening Menular?

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa untuk menular atau tidaknya kanker kelenjar getah bening ini, ada dua pendapat yang menyertainya. Pendapat yang pertama menyatakan bahwa faktor keturunan memang bisa menjadi faktor utama yang memicu pertumbuhan sel kanker.

Sementara pendapat yang kedua menyatakan bahwa faktor keturunan bukanlah penyebab utama penularan kanker kelenjar getah bening ini melainkan karena kontak yang sering dengan penderita.

Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening

Proses pengobatan kanker kelenjar getah bening dilakukan berbeda-beda tergantung dari kondisi penderita dan stadium kanker tersebut. Adapun pengobatan yang bisa dilakukan antara lain :

1. Radio Terapi
Radio terapi atau terapi radiasi merupakan langkah yang dilakukan dengan cara memberikan sinar dengan energi tinggi yang bertujuan untuk membunuh sel kanker sekaligus mengendalikan rasa sakit.

Terapi ini dibagi menjadi dua jenis berdasarkan penanganannya yaitu :
a. Radiasi Eksternal, penanganan yang bersifat lokal pada bagian tubuh yang akan diobati karena terdapat sel kanker.

b. Radiasi Sistemik, penanganan untuk seluruh tubuh dengan menyuntikkan radioaktif yang akan bekerja bersama anti bodi untuk membunuh sel kanker.

2. Kemoterapi
Penanganan dengan kemoterapi yaitu memasukkan obat anti kanker kedalam tubuh yang bertujuan untuk memperkecil area penyebaran sel kanker.

3. Transplantasi Sel Batang
Mengganti sel-sel darah normal yang ikut mati bersama sel-sel kanker ketika melakukan pengobatan kemoterapi dan terapi radiasi melalui tabung fleksibel yang dipasang di pembuluh darah balik besar dibagian dada.

4. Terapi Biologi
Terapi ini bertujuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh supaya dapat melawan sel kanker. Antibodi buatan yang dibuat dari protein mampu mengikat dirinya pada sel kanker untuk membantu sistem kekebalan tubuh.

Demikian penjelasan mengenai segala yang berhubungan dengan kanker kelenjar getah bening, semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber : faktakanker.com dan www.deherba.com

No comments:


About | Contact | Privacy Policy
Copyright © Blog Radja - Powered by Blogger