Indonesia : Musim Panas Kebakaran, Musim Hujan Kebanjiran

Bertahun-tahun, kejadian serupa selalu terulang lagi dan lagi. Jika anda mengamati, di Indonesia banyak terjadi peristiwa kekeringan dan kebakaran pada musim kemarau/ panas. Dan sebaliknya, jika musim hujan pastilah dimana-mana banjir terjadi meskipun musim hujan baru dimulai.

Mengapa hal ini bisa berulang-ulang? Kok sepertinya tidak ada sistem antisipasi yang baik untuk menanggulangi hal tersebut sebelum terjadi kasus. Kata pepatah, keledai saja tidak mau terjatuh dua kali dilubang yang sama. Jadi kita ini keledai atau apa..?

kebakaran dan banjir di Indonesia

Entah musibah yang memang tidak bisa dielakkan atau hanya kebetulan saja, beberapa kejadian kebakaran terjadi di perkampungan beberapa waktu sebelum lebaran Idul Fitri, menyebabkan saudara kita tidak memiliki tempat tinggal. Atau kebakaran yang terjadi dipasar, membuat mereka menjadi bertambah beban, tempat mencari nafkahnya habis oleh si jago merah.

Sebaliknya, begitu musim penghujan tiba. Eeehh, sudah banjir saja terjadi dimana-mana didaerah seluruh Indonesia. Padahal belum benar-benar berada ditengah musim penghujan. Lagi-lagi, keberlangsungan hidup masyarakat terganggu karena bencana ini.

Apakah ini terjadi karena perilaku kita sendiri yang tidak peka terhadap bencana ini dan menganggapnya sudah biasa, jadi tidak ada kemauan untuk memperbaiki kebiasaan dan menghilangkan atau minimal mengantisipasi kedua bencana ini..? Ataukah memang sudah azab dari sang pencipta atas ketidakpedulian kita terhadap lingkungan sekitar yang seharusnya kita jaga bersama..?


About | Contact | Privacy Policy
Copyright © Blog Radja - Powered by Blogger